Join Domain dan Block User di Windows Server 2008.

Join Domain dan Block User di Windows Server 2008.


Nama : Gumilang Pawitan
Kelas : XI TKJ 2
Guru  : Pak Kuwat, Bu Rita, Bu Nur


TUJUAN

-          Dapat menghubungkan koneksi client server dengan virtual
-          Dapat memblok user di server dengan menggunakan Windows Server 2008

KONSEP DASAR :

PENGERTIAN SERVER
Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan (service) tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan (network operating system).Server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya, seperti halnya berkas atau alat pencetak (printer), dan memberikan akses kepada workstation anggota jaringan.

JENIS-JENIS SERVER :
server dibagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan fungsinya , berikut jenis server
1. Server Aplikasi (Application server)
2. Server Data (Data Server)
3. Server Proxy (Proxy Server).

FUNGSI SERVER :
Tugas utama server adalah melayani komputer client, dan di bagi menjadi beberapa fungsi sesuai dengan jenis server, berikut penjelasannya
1. Server Aplikasi
Server yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam aplikasi yang dapat diakses oleh client.
2. Server Data
Server jenis ini di gunakan untuk menyimpan berbagai data , baik data yang belum diolah ataupun data yang sudah diolah menjadi informasi. data ini dapat di akses oleh client dengna bantuan aplikasi yang ada di server.
3. Server Proxy
Sedangkan Server proxy berfungsi untuk mengatur lalu lintas di jaringan melalui pengaturan proxy. Orang awam lebih mengenal proxy server untuk mengkoneksikan komputer client ke Internet.

LANGKAH KERJA

1.       Langkah pertama yaitu pastikan anda sudah menginstall windows 7 di virtual box, windows server 2008, dan sudah menginstall active directoynya. Jika belum menginstall Windows server 2008 beserta active directorynya anda bisa melihat tutorial berikut. Menginstall Active Directory Domain Services dan Menambah Host baru di DNS Server Windows Server 2008 
2.       Setelah anda sudah menginstall, Hubungkan antara server dan clientnya.Untuk servernya itu sendiri yaitu windows server 2008, dan windows 7 sebagai client. Untuk menghubungkan antara server dan clientnya caranya seperti berikut
·         Konfigurasi IP dari servernya itu sendiri dengan cara : start -> control panel  -> Network and Sharing Center -> management network connection -> Local Area Connection -> Properties -> IP version 4 -> beri IPnya terserah anda.

·         Berikutnya konfigurasi IP client tersebut seperti mengkonfigurasi IP di server. Namun pada bagian default gateway dan preferred DNS isikan IP server yang anda beri tadi. seperti gambar berikut ini.

·         Setelah itu, klik Devices pada menu virtualbox -> Network  -> pada bagian Attached to pilih Host-only Adapter -> klik tanda option pada bagian Advanced -> Pada bagian promiscuous mode pilih Allow All -> OK.

·         Lalu cek dengan ping ip server dan ip client pada cmd server dan pada cmd client.

·         Jika hasilnya Reply maka anda sudah berhasil menghubungkan client dan server
3.       Berikutnya tambahkan user pada servernya yaitu dengan cara : start -> Administrative Tools -> Active Directory Users and Domain -> klik kanan pada users -> New -> User -> isi sesuai yang anda inginkan -> Next.

4.       Lalu Berilah password. Password ini haruslah password yang complex yaitu password yang harus ada huruf capital, angka, dan character untuk memberi passwordnya => Next -> Finish
.

5.       Setelah berhasil menambah user di server, berikutnya join domain di client dengan cara : start -> klik kanan pada computer ->  properties -> pada bagian computer name, domain, and workgroup settings klik change settings ->klik change -> pilih option domain dan masukkan domain servernya -> klik Ok

6.       Lalu akan muncul tampilan computer name/domain server -> masukkan Administrator pada username dan masukan password adiministrator itu sendiri, password administrator itu sendiri yaitu password Windows server 2008 nya.

7.       Maka akan muncul seperti gambar berikut ini dan anda sudah berhasil untuk join domain.

8.       Kemudian anda diminta untuk restart. setelah anda restart pada bagian login klik switch user -> other user -> pada username masukan user logon name yang sudah dibuat tadi pada pembuatan user baru di server -> lalu masukkan passwordnya. Setelah itu anda diminta unutk mengganti passwordnya, dan password tersebut haruslah password yang complex.





9.       Anda sudah berhasil masuk pada user yang ada di server.

10.   Untuk memblok user tersebut  dengan cara : klik start pada windows server 2008 -> masuk ke Active Directory Users and Domain -> lalu cari users yang ingin diblok, klik kanan -> klik Properties -> Pada account options centang pada bagian account disable -> klik OK .


11.   Untuk berhasil tidaknya, Switch user pada client -> lalu login dengan user yang diblok. Jika berhasil maka akan seperti gambar berikut 

Kesimpulan:

-  Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan (service) tertentu dalam sebuah jaringan komputer yang didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar.
- server dibagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan fungsinya , jenis server diantaranya Server Aplikasi (Application server), Server Data (Data Server), dan Server Proxy (Proxy Server).
- Server Aplikasi adalah server yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam aplikasi yang dapat diakses oleh client.
-  Server Data (Data Server) adalah server yang di gunakan untuk menyimpan berbagai data , baik data yang belum diolah ataupun data yang sudah diolah menjadi informasi.
- Server Proxy (Proxy Server) adalah server yang berfungsi untuk mengatur lalu lintas di jaringan melalui pengaturan proxy

Daftar Pustaka
http://fauzan-fiqriansyah.blogspot.co.id/2017/08/join-domain-dan-block-user-di-windows.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal tlj

Fungsi – Fungsi perintah di privileged exec mode

PENGERTIAN TENTANG FLOODING