TLJ (Terknik Layanan Jaringan) 7 LAYER OSI dan TCP/IP

Kita sekarang akan menjelaskan Pertanyaan Pertanyaan di bawah,,, tema sekarang adalah tentang 7 LAYER OSI dan TCP/IP

1. Jelaskan perbedaan standar OSI dengan TCP/IP...!
2. Jelaskan penggunaan protokol dalam standar komunikasi berikut : HTTP,SMTP,POP3
3. Jelaskan perbedaan fungsi TCP dan UDP....!
4. Berikan contoh perangkat yang termasuk de dalam 7 OSI layer....!
5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan frame, relay, ethernet, dan PPP...!

JAWABAN

1.  Perbedaan antara model OSI dan TCP/IP antara lain :

1.OSI layer memiliki 7 buah layer, dan TCP/IP hanya memiliki 4 Layer.
2. TCP/IP layer merupakan “Protocol Spesific”, sedangkan OSI Layer adalahProtocol Independen.3.
3. Layer teratas pada OSI layer, yaitu application, presentation, dan sessiondirepresentasikan kedalam 1 4.lapisan Layer TCP/IP,yaitu layer.
5. Semua standard yang digunakan pada jaringan TCP/IP dapat diperoleh secaracuma-cuma dari berbagai        komputer di InterNet, tidak seperti OSI.
6. Perkembangan ISO/OSI tersendat tidak seperti TCP/IP.
7. Untuk jangka panjang, kemungkinan TCP/IP akan menjadi standart dunia jaringankomputer, tidak seperti OSI.
8. OSI mengembangkan modelnya berdasarkan teori, sedangkan TCPmengembangkan modelnya setelah sudah diimplementasikan.
9. TCP/IP mengombinasikan presentation dan session layer OSI ke dalam applicationlayer.
   TCP/IP mengombinasikan data link dan physical layers OSI ke dalam satu layer.
10. TCP/IP lebih sederhana dengan 4 layer.
11. TCP/IP lebih kredibel karena protokolnya. Tidak ada network dibangun dengan protokol OSI,walaupun setiap orang menggunakan model OSI untuk memandu pikiran mereka.

2. HTTP (Hypertext Transfer Protocol)
   HTTP (Hypertext Transfer Protocol) suatu protokol yang digunakan oleh WWW (World Wide Web). HTTP mendefinisikan bagaimana suatu pesan bisa diformat dan dikirimkan dari server ke client. HTTP juga mengatur aksi-aksi apa saja yang harus dilakukan oleh web server dan juga web browser sebagai respon
POP3 (Post Office Protocol)
   POP3 adalah kepanjangan dari Post Office Protocol version 3, yakni protokol yang digunakan untuk mengambil email dari email server. Protokol POP3 dibuat karena desain dari sistem email yang mengharuskan adanya email server yang menampung email untuk sementara sampai email tersebut diambil oleh penerima yang berhak. Kehadiran email server ini disebabkan kenyataan hanya sebagian kecil dari komputer penerima email yang terus-menerus melakukan koneksi ke jaringan internet.

Pengertian SMTP (Untuk Komunikasi Email Keluar)

  Simple Mail Transfer Protocol atau SMTP digunakan untuk berkomunikasi dengan server guna mengirimkan email dari lokal email ke server, sebelum akhirnya dikirimkan ke server email penerima. Proses ini dikontrol dengan Mail Transfer Agent (MTA) yang ada dalam server email Anda.
3. TCP (Transmission Control Protocol) adalah salah satu jenis protokol yang  memungkinkan sekumpulan komputer untuk berkomunikasi dan bertukar data didalam suatu jaringan. Sedangkan UDP (User Datagram Protocol) adalah salah satu protokol lapisan transport TCP/IP yang mendukung komunikasi yang tidak handal (unreliable), tanpa koneksi antara host-host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP.
4. Network adapter , Repeater, Network hub, Modem , Fiber Media Converter, bridge, switch, router, PC, server , mobile phones.
5. PPP (Point to Point Protocol)
  Point-to-Point Protocol (sering disingkat menjadi PPP) adalah sebuah protokol enkapsulasi paket jaringan yang banyak digunakan pada wide area network (WAN). Protokol ini merupakan standar industri yang berjalan pada lapisan data-link (layer 2)
 Frame Relay

  Frame Relay adalah konsep di mana informasi akan dikirim menggunakan data frame dalam format digital. Penggunaan layanan relay ini data dapat dikirim dengan cara yang cepat dan efisien melalui internet. Frame Relay juga merupakan cara yang paling murah untuk mengirim data ke titik lain. Frame Relay juga umum digunakan dalam jaringan LAN dan jaringan WAN. Fungsi  Frame Relay  yang utama pada lapisan dan layer data-link yang merupakan lapisan kedua pada proses  Frame Relay yang menenmpatkan link untuk transfer data.

Ethernet
Ethernet adalah teknologi jaringan komputer berdasarkan pada kerangka jaringan area lokal (LAN). Sistem komunikasi melalui Ethernet membagi aliran data ke dalam paket individual yang disebut frame. Setiap frame, berisi alamat sumber dan tujuan serta pengecekan error data sehingga data yang rusak dapat dideteksi dan dikirim kembali. Ethernet adalah protokol LAN yang memungkinkan setiap PC “berlomba” untuk mengakses network. Sekarang Ethernet menjadi protokol LAN yang paling populer karena relatif murah dan mudah di-install serta ditangani.

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. beri tambahan pendapat dari kamu pribadi mengenai materi tsb. jangan lupa tambahkan daftar pustakanya. terus lebih dirapikan lagi ya penulisannya (font, alignment, dll)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal tlj

Fungsi – Fungsi perintah di privileged exec mode

PENGERTIAN TENTANG FLOODING