Cara Mengkoneksikan Client - Server di Windows Server 2008

     

 Cara Mengkoneksikan Client - Server di Windows Server 2008

Nama: Gumilang Pawitan
Kelas : XI TKJ 2
Guru  : Bu Rita, Bu Nur, Pak Kuwat
      

Tujuan:
- Memahami Langkah-Langkah mengkoneksikan antara Client-Server

     Setelah selesai menginstall windows server 2008. Disini saya akan membahas lagi cara mengkoneksikan antara client - server. Saya akan menggunkan Windows Server 2008 di virtual box sebagai server dan OS bawaan PC/laptop sendiri sebagai client. saya menggunakan OS Windows 10 sebagai Client. 
  1. Turn off kan Windows Firewall dari kedua OS tersebut. Untuk Windows server cara mereturn-offkan windows server 2008 yautu dengan cara : start -> control panel -> Windows Firewall -> Turn windows firewall on or off -> lalu klik off -> ok.dan cara untik mereturn-offkan firewall di windows 10 yaitu : klik control panel -> system and security -> Windows Firewall -> Turn windows firewall on or off -> Turn off kan windows firewall di private network dan public network -> klik Ok.
  2. Lal setting ip address pada windows server dengan cara : klik start -> control panel -> network dan sharing center -> Manage network connections -> Local Area Connections -> Properties -> IP version 4 -> Use the following Ip address -> masukkan IPnya terserah anda, saya memasukkan IP 192.168.0.7 dan subnetting masknya 255.255.255.0, seperti gambar berikut. Lalu klik OK.
  3. Selanjutnya pada menu di virtual box, klik file -> preferences -> Network -> klik Host - Only Network -> klk 2 kali pada Virtual Host - Only Ethernet adapter -> setting IP lagi, saya memasukkan IP 192.168.0.1 dan subnetting masknya 255.255.255.0 -> klik Ok dan Ok lagi untuk menyimpan settingannya.
  4. Setelah itu klik Device pada menu virtual box -> Network -> di adapter 1 pada bagian attached to pilih Host only Adapter -> lalu klik option advanced -> pada bagian promiscuous Mode pilih allow all dan centang pada bagian cable connected -> klik Ok.5. Setelah itu cek apakah client sama server sudah terhubung dengan cara ping ip kedua ip tersebut di cmd client dan di cmd server. Jika terhubung akan muncul seperti gambar berikut.
6. Selesai Client dan server sudah terhubung   

    KESIMPULAN Windows Server 2008 adalah system operasi jaringan berasis GUI yang dirilis pada tanggal 27 Februari 2008. Sistem Operasi ini merupakan pengembangannya dari versi sebelumnya dari windows server 2003. Windows server 2008 memiliki kode yang sama dengan windows vista. Kelebihan windows server 2008 itu sendiri yaitu : 
  • Windows server 2008 bisa digunakan tanpa GUI juga, yaitu dengan menggunakan powershell.
  • Pengguna dapat memilih fungsi – fungsi yang dibutuhkannya saja atau menambah fungsi – fungsi lainnya, jika membutuhkannya sewktu – waktu tanpa harus menginstall ulang
  • Lebih aman dalam mengendalikan laju informasi
  • Didesain agar kompatibel dengan system operasi terdahulu seperti MS. DOS, IBM OS/2
Daftar Pustaka 
http://fauzan-fiqriansyah.blogspot.co.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal tlj

Fungsi – Fungsi perintah di privileged exec mode

PENGERTIAN TENTANG FLOODING