Allowed Trunk Di Cisco Packet Tracer

KONSEP DASAR


Trunking LAN

Dalam istilah komunikasi, trunk atau trunking adalah konsep dimana sistem komunikasi dapat menyediakan akses jaringan untuk banyak klien dengan berbagi satu set garis (peraturan) atau frekuensi, bukan memberikannya secara individual. Dari pengertian di atas, jika dihubungkan dengan konsep jaringan komputer, maka trunk dapat dikatakan sebagai konsep pembagian akses antar jaringan dengan menggunakan perangkat jaringan, yang dalam hal ini adalah switch dan menggunakan suatu set peraturan yang ditetapkan dimana tidak sembarang komponen dapat mengakses komponen lain dalam jaringan lain. Lebih simple-nya, konsep trunk membatasi akses antara satu jaringan dengan jaringan lainnya.
Pada kasus real, konsep trunk dalam jaringan komputer dilakukan pada komponen switch, karena swtich dapat membaca dan menetapkan alamat mana saja yang diizinkan untuk mengakses komputer lain dalam jaringan lain.


1. Standar IEE 802.1Q

IEEE 802.1Q, atau VLAN Tagging, adalah sebuah jaringan yang ditulis oleh standar IEEE 802.1 mengizinkan beberapa workgroup bridge jaringan untuk berbagi transparan link jaringan fisik yang sama tanpa kebocoran informasi antara jaringan. IEEE 802.1Q — along with its shortened form dot1q — is commonly used to refer to the encapsulation protocol used to implement this mechanism over Ethernet networks. IEEE 802.1Q - bersama dengan bentuk singkat dot1q - biasanya digunakan untuk merujuk pada enkapsulasi protokol yang digunakan untuk menerapkan mekanisme ini melalui Ethernet jaringan.

IEEE 802.1Q mendefinisikan arti dari sebuah Virtual LAN (VLAN) yang berkaitan dengan model konseptual tertentu yang mendukung bridging pada lapisan MAC dan pohon 802.1Dspanning IEEE protokol. IEEE 802.1Q mendefinisikan arti dari sebuah Virtual LAN (VLAN) yang berkaitan dengan Model Konseptual Tertentu yang mendukung bridging pada lapisan MAC dan ke 802.1D IEEEprotokol spanning tree. Protokol ini memungkinkan untuk setiap VLAN untuk berkomunikasi dengan satu sama lain dengan menggunakan sebuah switch dengan kemampuan lapisan-3, atau router.Protokol ini memungkinkan untuk setiap VLAN untuk berkomunikasi dengan satu sama lain dengan Menggunakan sebuah saklar dengan lapisan-3 kemampuan, atau router.


Trunking VLAN dengan 802.1Q


Jika menggunakan vlan dalam jaringan yang mempunyai beberapa switch yang saling berhubungan antar VLAN, maka dibutuhkan VLAN trunk. Switch memerlukan cara untuk mengidentifikasi VLAN dari mana frame tersebut dikirim saat mengirim sebuah frame ke switch lain. VLAN trunking mengizinkan switch memberikan tagging setiap frame yang dikirim antar switch sehingga switch penerima mengetahui termasuk dari VLAN mana frame tersebut dikirim. Beberapa VLAN yang mempunyai lebih dari satu switch dapat didukung dengan adanya VLAN trunking.Ilustrasi:Misal, saat Switch1 menerima sebuah broadcast dari sebuah piranti didalam VLAN1, ia perlu meneruskan broadcast ke SwitchB. Sebelum mengirim frame, SwitchA menambahkan sebuah header kepada frame Ethernet aslinya; heder baru tersebut mengandung informasi VLAN didalamnya. Saat SwitchB menerima frame tersebut, ia mengetahui dari headernya bahwa frame tersebut berasal dari piranti pada VLAN1, maka SwitchB mengetahui bahwa ia seharusnya meneruskan broadcast frame hanya kepada port2 pada VLAN1 saja dari Switch tersebut.Switch yang mendukung dua VLAN trunking protokol yang berbeda, Inter-switch link (ISL) dan IEEE 802.1Q.Encapsulation: proses transmisi lalu lintas jaringan yang menggunakan satu protokol jaringan dengan mengemasnya ke dalam protokol jaringan lain


LANGKAH KERJA


Mengkonfigurasi Allowed Trunking di Cisco

  1. Buat topologinya terlebih dahulu seperti gambar diatas.
  2. Kemudian konfigurasi vlan dan trunkingnya, anda bisa lihat tutorial berikut
  3. JIka sudah, konfigurasi allow trunk pada kedua switch. disini saya akan mengallowkan vlan 11 dan vlan 12 nya saja.
  4. Untuk mengkonfigurasinya ketikkan perintah berikut

          SW1(config)#int fa0/7
          SW1(config-if)#switchport trunk allowed vlan 11,12
          SW1(config-if)#exit

      5. Lalu ketikkan perintah seperti berikut.
          SW1(config)#do show int trunk

          Jika berhasil mengkonfigurasi akan terlihat seperti gambar berikut.


      6. Lakukan konfigrasi tersebut pada switch yang satunya lagi.

      7. JIka sudah di konfigurasi, sekarang kita cek apakah sudah berhasil? Untuk mengeceknya anda             bisa mengirim pesan dari vlan yang tadi diallowkan ke vlan yang sama, contoh PC2 atau PC3 ke PC7. Jika berhasil maka hasilnya success dan jika gagal hasilnya akan failed. Dan jika berhasil mengirim pesan antar vlan 10 yang berbeda switch hasilnya akan failed.

KESIMPULAN

Jadi Allowed Trunk adalah Membatasi hak akses pada vlan pada switch atau membatasi VLAN mana saja yang bisa mengakses ke interface trunk pada switch.

DAFTAR PUSTAKA

http://farninuramalia.blogspot.co.id/2013/01/trunking-lan.html
http://reza-techno.blogspot.co.id/2011/11/ieee-8021q.html
http://fauzan-fiqriansyah.blogspot.co.id/2017/09/mengkonfigurasi-allowed-trunk-di-cisco.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal tlj

Fungsi – Fungsi perintah di privileged exec mode

PENGERTIAN TENTANG FLOODING