Bandwidth

Bandwidth
   Bandwidth dalam bahasa Indonesia disebut lebar pita (tapi saya hanya akan menggunakan istilah bandwidth karena lebih umum). Secara general, bandwidth adalah besarnya saluran transmisi tempat lewatnya informasi atau data. Sehingga, bandwidth menentukan seberapa besar data yang dapat ditransmisikan per satuan waktu (biasanya satuan waktunya detik). Bandwidth dapat di analogikan sebagai besarnya sebuah jalan raya, sedangkan data adalah mobil-mobil yang berjalan diatasnya. Biasanya bandwidth bersatuan Mbps (Megabit per second).Bandwidth dianologikan seperti jalan raya sedangkan data adalah kendaraan yang berjalan di jalan tersebut. lebarnya bandwidth tidak berpengaruh terhadap kecepatan data, melainkan berpengaruh terhadap kelancaran data yang akan dikirimkan.


Hasil gambar untuk bandwidth

Ada 2 jenis Bandwidth

1. Bandwidth Digital

2. Bandwidth Analog


Pengertian Bandwidth Digital

   Bandwidth digital adalah kapasitas yang menentukan seberapa banyak atau besar informasi digital yang dapat lewat dalam saluran transmisi kabel atau nirkabel (wireless) dalam satuan waktu. Karena yang lewat adalah informasi berbentuk digital, maka kapasitas ini diukur menggunakan satuan bit per satuan waktu, contohnya 7.2 Mbps (Megabit/detik).

Yang anda sering temui pada umumnya adalah Bandwidth digital. Sedangkan bandwidth analog pada umumnya hanya diketahui oleh kalangan yang berasal dari latar belakang teknik. Bandwidth digital lebih banyak diketahui, karena bandwidth digital sering disebut sebut oleh ISP (Internet Service Provider) untuk menjelaskan seberapa cepat koneksi internet yang ditawarkan. Yang sering ditemui pada umumnya adalah Bandwidth digital. Sedangkan bandwidth analog pada umumnya hanya diketahui oleh kalangan yang berasal dari latar belakang teknik. Bandwidth digital lebih banyak diketahui, karena bandwidth digital sering disebut sebut oleh ISP (Internet Service Provider) untuk menjelaskan seberapa cepat koneksi internet yang ditawarkan.

Bandwidth yang ditawarkan oleh provider ada 2 tipe, yaitu ada bandwidt shared dan dedicated.

Paket Dedicated rasio 1:1

 Misal pelanggan berlangganan internet dedicated 512kbps 1:1, maka Bandwidth 512 kbps menjadi hak penuh satu pelanggan dan tidak dibagi dengan pelanggan lain ,semua bandwidth yang diberikan full buat satu pelanggan dengan koneksi yang sangat stabil.

Paket Share atau Up to
 
  artinya sejumlah Bandwidth akan di pakai bersama-sama dengan pelanggan lain. Pemakaian ini akan mengikuti beberapa aturan, misalnya 1:2, 1:4, 1:8, 1:16 dan seterusnya tergantung paket yang dipilih ketika akan berlangganan.
  Jika memilih 256 Share 1:8, maka Bandwidth minimal yang akan didapat adalah 256:8=32 kbps, dan akan mendapatkan Bandwidth maksimal 256.
  Namun Bandwidth maksimal jarang sekali didapatkan, karena ketika semua pelanggan dalam kavling tersebut online secara bersamaan, maka masing-masing akan mendapatkan Bandwidth sebesar 32kbps. Lantas kapan seorang pelanggan akan mendapatkan Bandwidth maksimal ? yaitu ketika semua pelanggan yang se-kavling sedang tidak Online.

Menurut pemakaiannya bandwidth terbagi menjadi 2 ada yang limited dan unlimited.
Yang limited terbatas oleh batas kouta yang diberikan oleh provider, sedangkan yang unlimited kuota yang diberikan oleh provider tidak dibatasi.

daftar pustaka

Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal tlj

Fungsi – Fungsi perintah di privileged exec mode

PENGERTIAN TENTANG FLOODING